Bertemu Wakil Ketua DPR Tiongkok, Daniel Johan Dorong Ekspor Sarang Walet

 DPR RI menjadi tuan rumah P20 di Indonesia yang berlangsung 5 hingga  7 Oktober 2022. Kegiatan ini sebagai sarana pertemuan bilateral antarparlemen negara-negara di dunia, salah satunya Tiongkok.

Perwakilan dari Tiongkok adalah  Wakil Ketua Parlemen Tiongkok H.E. Chen Zu yang didampingi Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia H.E. Lu Kang, serta  anggota perlemen Tiongkok,  Hon. Mr. Zhijun Zhang.

Daniel Johan selaku anggota GKSB Indonesia – Tiongkok mengatakan, hubungan Indonesia – Tiongkok sudah terjalin sejak lama, bahkan sejak nenek moyang Gus Dur Presiden ke-4 Indonesia.

Gus Dur merupakan Keturunan Putri Champa Majapahit secara genealogis, Gus Dur adalah keturunan Tionghoa dari pernikahan raja terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya V dan Putri Champa.

Keduanya lantas memiliki dua anak, seorang pria bernama Tan Eng Hiang dan perempuan bernama Tan A Lok.

Tan Eng Hiang kemudian mengubah nama menjadi Raden Patah merupakan pendiri Kerajaan Demak. Sementara Tan A Lok menikah dengan seorang muslim keturunan Tionghoa bernama Tan Kim Han.

Dari garis keturunan inilah Gus Dur mengaku memiliki darah Tionghoa, Tan Kim Han memiliki anak yang bernama Raden Rachmat yang dikenal sebagai Sunan Ampel yang salah satu keturunannya, adalah KH. Hasyim Asy’ari kakek Gus Dur sekaligus pendiri NU.

“Presiden Gus Dur itu satu marga dengan Mr. Chen Zu, marga Tan.” ungkap Daniel yang juga Ketua DPP PKB, saat memberi penjelasan terhadap delegasi Parlemen Tiongkok di Jakarta, Kamis (6/9).

Dalam pertemuan tersebut, Daniel mendorong ekspor sarang burung walet (Yan Wo) yang merupakan produk unggulan Indonesia,  terutama yang berada di Kalimantan Barat agar bisa masuk ke pasar Tiongkok.

“Saya mendapat aspirasi dari dapil saya, petani walet agak kesulitan mengekspor hasil sarang waletnya ke Tiongkok. Sekiranya karantina Tiongkok memberikan kemudahan sarang walet kita untuk masuk ke Tiongkok,” ujar  Daniel anggota komisi IV DPR RI.

Wakil Ketua Parlemen Tiongkok H.E. Chen Zu menyambut baik gagasan yang disampaikan Daniel. Bahkan Tiongkok siap mendorong agar produk sarang walet Indonesia untuk masuk ke Tingkok.

“Kami tahu kwalitas sarang burung walet dari Indonesia sangat tinggi, dan orang Tionghoa percaya sarang burung walet itu sangat bergizi. Pihak Tiongkok menyambut baik Indonesia bisa mengekspor produk sarang burung walet unggulan dari Indonesia lebih banyak masuk ke pasar Tiongkok,” ungkap H.E. Chen Zu yang juga mantan Menteri Kesehatan Tiongkok. (lus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments