Ekonomi Digital Menjadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ilustrasi (foto : Lorenzo Cafaro/pixabay)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat, salah satu faktor pendorong pertumbuhan pesat itu adalah ekonomi digital. Sri Mulyani mencatat, nilai ekonomi industri digital pada 2021 mencapai US$ 70 miliar dan pada 2025 mendatang akan meningkat hingga US$ 145 miliar.

“Ekonomi digital disini tidak Cuma identik dengan perusahaan startup dan e-commerce, namun mencakup berbagai entitas yang sebelumnya sudah well-established dengan cara kerja konvensional dan sekarang beralih ke digital,” ujar Menkeu pada pembukaan Profesi Keuangan Expo 2022, di Jakarta, Senin (10/10), seperti yang dikutip dari kemenkeu.go.id.

Walaupun teknologi telah menghadirkan peluang dan membantu meningkatkan efisiensi serta kualitas, namun Sri Mulyani tidak membantah bahwa teknologi juga berpotensi menimbulkan risiko besar, distorsi, serta disrupsi. Untuk menghadapi perubahan digital itu, Kementerian Keuangan melakukan penyesuaian dengan mengembangkan platform digital untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis mulai dari tata persuratan, administrasi kantor, pelayanan kepada pihak eksternal, hingga pengelolaan anggaran.

Menkeu juga mengingatkan pentingnya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dimana sebelumnya telah dicanangkan 17 Sustainable Development Goals (SDG) dalam pertemuan PBB 2015  lalu sebagai perwujudan dari komitmen banyak negara, yang secara ringkas terbagi menjadi tiga pilar. Pilar pertama adalah pilar sosial, yang kedua pilar lingkungan, dan yang ketiga pilar ekonomi. SDG ini adalah penyempurnaan dari Millenium Development Goals yang digagas pada 2000 silam.

Menkeu berpesan kepada para pelaku ekonomi agar bisa memberikan manfaat dan nilai tambah bagi Indonesia, diantaranya dengan terus menaambah ilmu pengetahuan, memegang teguh profesionalisme, memiliki perspektif yang positif, serta membangun sinergi yang luas.“Anda adalah tiang dan elemen penting dalam perekonomian Indonesia, maka peranan Anda sangat menentukan kemajuan ekonomi Indonesia,” tambah Menkeu.(*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments