Festival Kopi Nusantara 2023, Upaya Dongkrak Ekspor dan Kesejahteraan Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membuka Festival Kopi Nusantara 2023, Rabu (1/2). (foto: pertanian.go.id)

Festival Kopi Nusantara 2023 yang dihadiri 33 penggiat kopi dari berbagai daerah, pada hari Rabu (1/2) dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Festival ini digelar dalam rangka HUT ke 53 Media Indonesia.

Mentan mengatakan Indonesia memiliki 18 jenis kopi dengan rasa yang berbeda – beda dan sangat diminati oleh masyarakat Indonesia maupun Internasional serta bisa diolah menjadi berbagai produk turunan. Kopi saat ini menjadi salah satu komoditas perkebunan yang sedang naik pamor.

“Saya mengapresiasi festival kopi ini. Ini sesuatu yang sangat bermakna dan berharga dan kita dorong lebih kuat dengan berbagai kebijakan dari pemerintah berkolaborasi dengan para penggiat kopi. Kita majukan kopi Indonesia,” tuturmya seperti yang dikutip dari pertanian.go.id.

Ia juga menambahkan, melalui dorongan pemerintah dan berbagai pihak, diharapkan petani dan komoditas kopi Indonesia dapat naik kelas dan kopi Indonesia mampu menjadi menu wajib diseluruh dunia sehingga mendongkrak nilai ekspor dan kesejahteraan petani.

Indonesia menurut Syahrul Yasin Limpo, adalah negara produsen biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia, dengan produksi rata-rata sekitar 786 ribu ton per tahun atau sekitar 9 persen dari produksi kopi dunia. Adanya festival kopi ini menambah semangat para pelaku usaha kopi untuk terus berinovasi.

“Saya berharap besok tidak ada lagi cafe besar di seluruh Dunia tidak ada lagi tanpa kopi Indonesia. Tahun lalu kita buat One Day With Coffee Indonesia dan bisa mendapat kontrak milyaran melalui acara tersebut. Upaya ini tentu perlu kita dorong lebih kuat lagi,” tegasnya.(*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments