Keripik Singkawang Hadir di Perhelatan G20

Keripik keladi Sahira (foto: singkawangkota.go.id)

Keripik keladi atau talas dari Singkawang turut memeriahkan perhelatan G20 yang digelar di Bali. Keripik keladi dengan merk Sahira ini menjadi salah satu cemilan dan dipamerkan pada event 20 negara besar dunia itu.

Pemilik keripik keladi Sahira yaitu Suriadi menjelaskan awal mulanya ia merintis usaha keripik ini ketika ia melihat ada lahan tidur yang tidak bisa digunakan bercocok tanam, lalu ia cmenoba memanfaatkan lahan tersebut dengan menanam tunas dari talas. Diluar dugaannya ternyata berhasil, lalu ia memutuskan untuk mengembangkannya.

Setelah berhasil membudidayakan keladi di lahan tidur tersebyt, saya berpikir untuk mencoba mengolah tanaman keladi ini untuk menjadi produk makanan yaitu keripik sahira ini. Pada saat keripik keladi sahira ini belum dikenal orang, saya mencoba memberanikan diri untuk menitipkan kripik di warung dan di toko-toko kecil. Alhamdulillah sekarang kita sudah memiliki rumah produksi sendiri lewat jalur pemerintah. Kita juga dirangkul oleh Pemerintah Daerah Kota Singkawang dan Provinsi hingga berhasil mengantongi sertifikat halal”, kata Suriadi seperti yang dikutip dari Media Centre Kota Singkawang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah mengantongi sertifikat Halal dari MUI dan BPOM Kalimantan Barat, waktu itu dengan 128 produk UKM binaan BI di Kalimantan Barat, produk keripik keladi Sahira  yang terpilih mewakili Kalimantan Barat di KTT G20 di Bali.

Suriadi yang dulunya berprofesi sebagai mekanik kemudian beralih menjadi instalatir listrik ini mengaku setiap minggunya dengan dibantu empat orang karyawannya, ia mengolah tiga sampai empat kali dengan kapasitas 100 – 150 Kg bahan baku keladi.

“Namun kedepannya kita menargetkan harus bisa dipasarkan sebesar mungkin. Maunya saya ini tidak hanya sebatas UKM saja. Saya malah berkeinginan usaha ini sampai pada tingkat industri sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dan membantu orang untuk mendapatkan pekerjaan.”, tambahnya. (*)

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments