Mendag : Neraca Perdagangan Indonesia Kembali Surplus

(foto: pixabay/Michael Gaida)

Neraca perdagangan Indonesia kemblli surplus di bulan Agustus 2022. Surplus dicetak pda sektor perdagangan non miga sebesar USD 7,74 miliar selain juga defisit perdagangan migas sebesar USD 1,98 miliar. Demikian yang dikatakan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

surplus perdagangan nonmigas Indonesia pada Agustus 2022, lanjut Zulhas seperti press release yang dikeluarkan kemendag, masih didorong oleh perdagangan dengan beberapa negara mitra dagang utama. India menjadi negara mitra dagang yang menyumbangkan surplus terbesar dengan nilai sebesar USD 1,81 miliar. Kemudian, diikuti AmerikaSerikat dengan USD 1,65 miliar.Sementara negara ketiga adalah Filipina dengan nilai USD 1,09 miliar.

“Surplus perdagangan Agustus 2022 melanjutkan tren surplus secara beruntun sejak Mei 2020. Indonesia sampai saat ini masih berhasil mempertahankan rekor surplus perdagangan selama 28 bulan berturut-turut,” katanya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan .(foto: kemendag.go.id)

Mendag menambahkan, ekspor Agustus 2022 mencatat rekor tertinggi sepanjangsejarah dengan nilai mencapai USD 27,91 miliar. Nilai ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicapai pada April 2022 lalu (USD 27,32 miliar). Kinerja ekspor pada Agustus ini ditopang ekspor nonmigas senilai USD 26,19 miliar dan ekspor migas sebesar USD 1,72 miliar. Jika dilihat dari strukturnya, ekspor sektor industri mendominasi pada Agustus 2022 dengan kontribusi mencapai 70,91 persen dari total ekspor Indonesia dan mengalami kenaikan 13,49 persen.

“Ini menggambarkan kualitas ekspor Indonesia yang memiliki nilai tambah dan berdaya saing. Untuk itu, kami akan terus menjaga momentum pertumbuhan ekspor sektor industri tersebut dalam mendorong kinerja ekspor nasional tahun ini”, tuturnya. (*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments