Pemerintah Pastikan Stok Beras Februari dan Maret Aman

Ilustrasi (foto: hen lesmana)

Pemenritah dalam hal ini Kementerian Pertanian, memastikan ketersediaan beras untuk beberapa bulan ke depan dalam kondisi aman. Berdasarkan pencocokan data BPS, Standing Crop dan laporan daerah Kementan mengklaim bahwa stok beras pada Januari, Februari dan Maret mencapai 3 juta ton yang berasal dari hasil panen saat ini.

Alhamdullilah, sesudah mencocokan semua data ini, kemudian kami faktualisasi dengan laporan 17 provinsi dan tanggapan dari masing-masing Kadis dan Gubernur, ternyata hasilnya oke Alhamdulillah. Katakanlah dalam Januari-Maret kurang lebih ada overstock kita 3 juta karena kurang lebih 12 juta ton hasil panen yang ada sekarang ini,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beberapa hari lalu.

Seperti yang dikutip dari pertanian.go.id, Menteri Pertanian menjelaskan bahwa stok yang ada saat ini masih dalam kategori sementara karena puncak panen raya masih akan terjadi pada April dan Mei. Artinya, stok yang ada saat ini masih akan bertambah sering dengan panen yang dilakukan di sejumlah sentra.

“Ingat sampai dengan Maret itu bukan puncak panen loh, puncak panen kita Maret-April-Mei berarti berjalan kesana masih panjang,” katanya.

Selama ini data yang digunakan adalah data verifikasi dari sejumlah pemantauan yang kemudian disampaikan BPS sebagai lembaga negara dalam mengurus data Indonesia. Selain itu ada juga data satelit yang juga mem back up. Sekarang ini sudah dicoba singkronisasi antara data satelit dan data standing crop yang ada, dan ternyata data standing crop dengan data yang dari BPS kurang lebih sama..(*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments