Pemerintah Tegaskan Dukungan Bagi Industri Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat mengunjungi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah memberikan dukungan bagi industri otomotif Indonesia untuk bertransformasi sebagai pemain global di industri kendaraan listrik. Airlangga menegaskan, pemerintah juga terus mendorong investasi untuk mendukung peluang pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga saat mengunjungi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang. Secara khusus, Airlangga menyampaikan selamat kepada PT HMMI yang telah memproduksi mobil listrik di Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran CEO dan pimpinan, direksi dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia atas produksi mobil listrik di Indonesia. Ini dengan teknologi elektrifikasi tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai Net Zero Emission,” tutur Menko Airlangga di Cikarang, Selasa (27/12).

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengapresiasi atas penggunaan fasilitas latest VR technology untuk dapat mendukung pengembangan industri manufaktur di PT HMMI. Apresiasi juga diberikan Menko Airlangga atas keterlibatan PT HMMI yang telah mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia melalui penyediaan mobil listrik.

“Jadi kita mendorong agar elektrifikasi ini berhasil dan tentunya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Hyundai Motor dan saya lihat bahwa ini salah satu yang paling modern dan mementingkan terkait dengan kenyamanan pekerja,” ujarnya.

Airlangga yang juga Ketum Partai  Golkar menambahkan, industri otomotif di Indonesia terus mencatatkan kinerja yang memuaskan. Sektor ini menjadi salah satu yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Airlangga, tren pemulihan di sektor ini mampu tumbuh hingga mencapai 10,26 persen pada kuartal ketiga 2022. Selain itu, industri otomotif nasional juga mampu menyerap tenaga kerja langsung dalam jumlah yang cukup besar.

Usai menyampaikan sambutan, Menko Airlangga meninjau langsung perkembangan pabrik PT HMMI yang memiliki luas lahan sekitar 77,7 hektare. Airlangga juga melakukan test drive salah satu mobil listrik produksi Hyundai yakni Ioniq Prime Xtend Black.(*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments