Kejurnas Barongsai 2022, Ketua Umum KONI Berharap ini Jadi Momentum Kejayaan Barongsai di Tanah Air

Prosesi pembukaan Kejurnas Barongsai tahun 2022 (foto: Lusi)

Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Barongsai tahun 2022 memperebutkan Piala Raja Hamengkubuwono X dan Piala KASAD yang digelar PB FOBI (Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) resmi dibuka pada Kamis malam (06/10) di Malika Ballroom, Sleman City Hall Yogyakarta.

Hadir membuka Kejurnas bergengsi tersebut Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, mewakili Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Kadis Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Ketum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketum PB FOBI Edy Kusuma, Danrem 072-Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono dan Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut Damayanti serta tamu kehormatan lainnya berfoto bersama.

Keduanya bersama Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma, Danrem 072-Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono dan Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut Damayanti memukul tambur pembukaan Kejurnas Barongsai tahun 2022.

       Kejurnas tahun 2022 ini,  berlangsung  selama tiga hari  (7-9 Oktober 2022) dan diikuti oleh 16 Provinsi dengan jumlah peserta mencapai  500 orang.

Kadis Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Ketum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketum PB FOBI Edy Kusuma, Danrem 072-Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono dan Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut Damayanti serta tamu kehormatan lainnya berfoto bersama. (foto: Lusi)

 

Untuk nomor yang dilombakan sebanyak 13 nomor, antara lain naga taolu bebas, naga halang rintang, naga kecepatan, barongsai tradisional, barongsai halang rintang, barongsai zou tou dan barongsai taolu wajib. Dari nomor yang diperlombakan tersebut ada 135 pertandingan yang diikuti peserta.

       Dalam kata sambutannya, Ketua Umum  FOBI Edy Kusuma  menyampaikan bahwa Kejurnas ini merupakan komitmen pihaknya yang ingin menggalakan  kembali  turnamen yang pernah diagendakan FOBI namun  tertunda akibat pandemi.

Sebelum kejurnas dilangsungkan terlebih dahulu diadakan kejuaraan daerah dari berbagai pengurus FOBI di tingkat provinsi, seperti Sumatera Utara, Riau, Makassar, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.Dan Kejurnas ini, juga digelar sebagai persiapan para atlet menghadapi PON XXI tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Edy Kusuma menyerahkan sertifikat “Bapak Barongsai Indonesia” untuk Dahlan Iskan yang diwakili oleh pengurus FOBI Jawa Timur. (lusi)

 

       “Dalam rangka persiapan menghadapi PON 21 tahun 2024, FOBI juga berencana menggelar Pra PON pada tahun 2023. Kegiatan ini akan diikuti berbagai pertandingan dan kejuaraan daerah di seluruh Indonesia. Kita berharap kondisi Pandemi akan sungguh-sungguh dapat diatasi di masa yang akan datang,” ujar Edy Kusuma.

Pada kesempatan tersebut Edy menyampaikan apresiasi Pengurus FOBI provinsi DIY yang bersedia menjadikan  Jogja sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas. Dia berharap pengurus provinsi lain juga melakukan hal yang pada kejurnas berikutnya.

       Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dalam kata sambutannya berharap Kejurnas ini bisa mencetak atlet yang berprestasi dan diperhitungkan di kancah internasional.

       “Selain untuk mencari bibit atlet,  diharapkan  Kejurnas ini, dapat mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk berolahraga. Pemerintah ingin menjadi aktivitas olahraga sebagai primadona masyarakat. Olahraga tidak hanya melalui cabang popular yang telah kita kenal selama ini, tetapi melalui barongsai yang  juga menampilkan sisi entertainment, tentunya dapat menarik minat anak-anak muda,” ujarnya.

       Pada kesempatan yang sama Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman juga menyampaikan harapannya agar kejurnas ini, dapat dijadikan  momentum untuk mengembalikan kejayaan olahraga barongsai di Tanah Air.

       “Selamat bertanding, jadikan Kejurnas Barongsai 2022 ini sebagai kebangkitan olahraga barongsai setelah kita lewati masa sulit pandemi Covid-19 selama dua tahun. Para peserta harus mengajak saudara-saudara kita untuk tidak pernah berhenti berolahraga. Mari kita jadikan Indonesia bangga karena prestasi atlet-atletnya,” ucapnya.

       Di akhir kata sambutannya, Marciano mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma beserta jajarannya yang telah bekerja keras untuk mewujudkan kejurnas ini. Untuk para kontingen diharapkan tidak hanya sekedar bertanding namun juga dapat menikmati keindahan Jogja.

       Selepas menyampaikan kata sambutan, Ketum PB FOBI Edy Kusuma menyerahkan sertifikat penghargaan kepada mantan Ketum PB FOBI Dahlan Iskan, yang dinobatkan sebagai Bapak Barongsai Indonesia.

Peluncuran Aplikasi Digital

       Dalam prosesi pembukaan Kejurnas Barongsai 2022 ini, pengurus PB FOBI meluncurkan Aplikasi Sistem Penjurian Barongsai yang perdana digunakan di kejurnas tahun 2022.

Aplikasi tersebut berfungsi mempercepat kinerja juri dengan sistem penilaian yang lebih detail dan akurat.Selain itu, juga diluncurkan kartu pengurus dan anggota FOBI dalam bentuk digital.

       Prosesi pembukaan kejurnas ini berlangsung meriah dengan suguhan berbagai atraksi, seperti atraksi rampak 8 tambur, lions dance, Chinese dance dan wushu.  (Lus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments