FOBI SUMUT PERIODE 2022 – 2026 DILANTIK, TARGETKAN 5 EMAS DI PON 2024

Foto bersama dengan seluruh pengurus dengan anggota DPR RI Komisi X dr.Sofyan Tan serta tamu undangan (foto : lusi)

Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) di bawah kepemimpinan Edy Kusuma melantik pengurus FOBI Pengprov Sumatera Utara (Sumut). Waketum Efendi Hansen Ng yang mewakili Edy Kusuma melantik pengurus FOBI Sumut  yang digelar di  Gedung Mitsu Kampus Hijau STBA PIA pada akhir pekan lalu.

Pelantikan tersebut dihadiri  anggota DPR RI Komisi X dr.Sofyan Tan, Wakil Ketum KONI Sumut H.Sakiruddin, Sekretaris Dispora Sumut Hj.Dahliana, Ketua Bapomi Sumut Hj Liliana,  Kasim (Ketua FOBI Sumut periode lalu),  Fajar Suhendra (Pendiri Mitsu dan STA PIA), Ketum FOBI Sumut Peter Suhendra, The Kah Cho (Ketua Teo Chew), Solihin, Samsuddin, Hendra Yamin, Eddy Djuandi, Darwin Ong, Ketua FOBI  Deli Serdang Jenni dan para pengurusnya, para pengurus FOBI Sumut serta tamu undangan lainnya.

Pelantikan dimulai dengam pembacaan Surat Keputusan Pengurus FOBI Nomor 044/PBFOBI/VII/2022 tentang Kepengurusan FOBI Prov Sumut Periode 2022 – 2026 oleh Wakil Ketua FOBI Sumut Darsen Song. Dilanjutkan prosesi pembacaan janji, pemberikan pataka dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Waketum FOBI Efendi Hansen dan Ketum FOBI Sumut Peter Suhendra.

Dalam sambutannya, Ketum FOBI Sumut Peter Suhendra menceritakan awal dirinya bergabungnya ke FOBI bermula dari kekuatirannya terhadap generasi muda  milenial yang banyak kecanduan  smartphone, kebut-kebutan di jalan ataupun memiliki  pergaulan yang kurang baik. 

“Kemudian Pak Darson teman baik saya, mengugah hati saya, dan membuat saya berpikir  mengapa kita tidak merangkul anak-anak muda untuk belajar  barongsai. Saya rasa itu merupakan hal yang baik. Hal ini menjadi tanggungjawab saya ketika dipilih menjadi Ketua FOBI Sumut,” ujar Peter.

Peter mengatakan, pada PON 2024 nanti Sumut  menjadi tuan rumah dan barongsai menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan dengan   11 medali emas. Gubernur Sumut  meminta FOBI Sumut bisa meraih  minimal 5 medali emas. 

Selaku Ketua FOBI Sumut, Peter akan membentuk tim barongsai di beberapa sekolah, ataupun yayasan-yayasan.  Kemudian, tahun 2023  akan diadakan perlombaan barongsai skala international.  Ini diharapkan bisa menjadi  ajang pertandingan sekaligus menjadi daya tarik wisatawan.

Dijelaskan, Oktober mendatang,  lebih dari 40 orang akan berangkat ke Yogyakarta mengikuti Kejurnas barongsai seluruh Indonesia. “Barongsai bisa menjadi olahraga pemersatu bangsa, tanpa membedakan suku, agama, maupun ras, kita adalah satu, satu adalah Indonesia, “ kata Peter mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum FOBI  Efendi Hansen, mewakili Ketua Umum FOBI Edy Kusuma yang berhalangan hadir, mengucapkan selamat kepada yang telah dipilih   menjadi pengurus FOBI Provinsi Sumut dan  diharapkan bisa membawa kemajuan dan prestasi.

“Kita tahu bahwa olah raga barongsai dan naga yang bernaung dibawah FOBI dan dibina oleh KONI sangat diperhitungkan oleh pesaing-pesaing luar negeri. Barongsai Indonesia sudah beberapa kali menjadi juara internasional dan dunia, sehingga sangat disegani. Oleh sebab itulah prestasi tersebut harus kita pertahankan dan tingkatkan, “ ujar Edy dalam sambutannya seperti dibacakan Hansen.

Dijelaskannya,  pada 2024 mendatang akan digelar PON XXI,  di mana Provinsi Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumahnya. Karena itu menurut Edy,  tidak terlalu berlebihan jika PB FOBI menaruh harapan besar agar FOBI Sumut  dapat menunjukkan prestasi terbaiknya.

Prestasi yang sama juga diharapkan dari kontingen FOBI seluruh Indonesia. Untuk itu dihimbau semua berlomba dengan sportivitas tinggi dalam olahraga prestasi yang bergengsi ini.

Untuk menyambut PON XXI tahun 2024, kini FOBI seluruh Indonesia sedang bersiap dan melaksanakan kejuaraan-kejuaraan daerah. Pada Oktober 2022 FOBI akan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional di Yogyakarta.

Kemudian tahun 2023 FOBI juga rencana akan melaksanakan PRA PON dan berbagai kejuaraan lainnya. Semua kegiatan ini kiranya dapat menjadi ajang pemanasan dan persiapan. Dan ketika tiba saatnya, prestasi bisa diraih dengan nyata. Tanpa kerja keras, prestasi tidak mungkin muncul begitu  saja.

Terakhir Edy menyampaikan selamat bekerja dan meminta semua menunjukkan prestasi dengan kekompakan dan kerjasama yang baik.

Sedangkan  Wakil Ketum Koni Sumut, H.Sakiruddin  membacakan sambutan  Ketua Koni Sumut Jhon Ismadi Lubis.  Dikatakannya, kita bisa mendapatkan medali emas di PON XXI tahun 2024 uji petik yang pertama adalah mengikuti kejurnas di Yogya  dua minggu yang akan datang.

Ia pun berharap segera membentuk Pengkap di 33 kabupaten kota di Sumut agar nantinya Fobi dapat mengikuti Pekan Olah Raga Provinsi karena cabang olahraga yang bisa mengikuti Pekan Olahraga Provinsi adalah cabang olahraga yang minimal memiliki 50% + 1 pengkap yang ada di Sumut minimal 17 Pengkap.

Oleh sebab itu diharapkan disamping membina untuk menyiapkan atlet-atlet PON 2024, harus segera juga melakukan pembentukan Pengkap-Pengkap di setiap Kabupaten dan Kota.

Anggota DPR RI Komisi X dr. Sofyan Tan dalam sambutannya membahas  tentang barongsai  yang menurutnya sudah dikenal di Dinasti Zheng.  Pada abad ke-3, barongsai banyak dikaitkan dengan seni, padahal dibalik seni tersebut  ada olahraga.

Di sisi lain menurutnya, barongsai juga memiliki nilai seni sangat luar biasa yang bisa memukau  banyak orang. Barongsai bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi sekaligus menyehatkan mental. Sewaktu melompat, beratraksi dapat membuat gembira dan menaikan adrenalin penonton.   

FOBI sudah diterima di KONI karena sudah memenuhi kriteria sebagai cabang olahraga yang diakui di Indonesia.

Sofyan juga menyebut bahwa barongsai sudah menjadi pemersatu bangsa, dimana pemainnya berbaur menjadi satu. Saat bermain membutuhkan kerjasama yang erat, karena satu sama lain saling memahami, terjadi akulturasi, pencairan di antara sifat, budaya dari atlet tersebut.

Selain pelantikan pengurus FOBI Prov Sumut 2022-2026 juga dilangsungkan pelantikan pengurus FOBI Deli Serdang yang diketuai oleh Jenni.  Serta dimeriahkan  performance Peking Sai, Liong dan Barong Sai yang dipertunjukan kepada para hadirin yang hadir dalam rangka pelepasan Tim FOBI Sumut mengikuti kejurnas tahun 2022 pada Oktober 2022 di Yogya.  (lus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments