Teruskan Tradisi Leluhur, Ketum Formatab Rayakan Festival Onde

Para anggota Formatab berpose di tengah - tengah acara Festival Dongzhi, Senin (19/12) malam. (foto: Gus)

Ketua Umum Forum Masyarakat Tambora (Formatab) Phang Mui Jun bersama teman- teman merayakan Festival Dongzhi atau Perayaan Onde- onde yang digelar di Resto Raja Kuring, Jakarta Utara, Senin (19/12/2022) malam.

Perayaan Festival Dongzhi merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang konon sudah ada sejak Dinasti Han (206 SM – 220 M) Hal ini menurut Phang Mui Jun ini disebut memiliki banyak sisi positif. Karena dengan perayaan festival ini, bisa saling bertemu dan bertatap muka dengan teman- teman dekat yang lama tidak bersua.

Ketua Umum Forum Masyarakat Tambora (Formatab) Phang Mui Jun

Tokoh masyarakat Tionghoa-Tambora yang juga merupakan bacaleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pemilu 2024 ini ini mengaku setiap tahun sering diundang oleh sahabat-sahabatnya untuk merayakan  festival onde-onde. Ketika masih remaja dulu, Phang Mui Jun sering merayakannya bersama keluarga dengan berdoa dan makan onde bersama.

Sejarah Festival Onde

Pada zaman Dinasti Song (1127-1152 M), Perayan Onde dilaksanakan dengan sembahyang arwah leluhur. Kemudian dengan seiring waktu berjalan, tradisi ini menjadi salah satu perayan penting di Tiongkok, tak terkecuali di Indonesia. Tradisi makan onde ini disesuaikan dengan usia seseorang.

Ada kepercayaan, jika menyantap onde sesuai jumlah usia ditambah satu, maka usia akan  bertambah panjang. Namun demikian,  tradisi yang dilakukan turun-temurun ini hanyalah kepercayaan dan tidak dilakukan oleh semua orang. (Gus).

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments