10 Kapal Tambahan Siap Layani Penumpang Ke Kepulauan Seribu Saat Lebaran

Suasana di kepulauan seribu (foto: hen)

Unit Pengelola Angkutan Perairan (UP AP) Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 10 unit kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat pada Lebaran tahun 2023,

Kasatpel Pelayanan UP AP Dishub DKI Jakarta, Wahyu Wijayanto mengatakan, 10 kapal ini disiapkan Pemprov untuk mengantisipasi membludaknya pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu menjelang Lebaran. Kapal ini dengan kapasitas 30-50 orang akan melayani penumpang dari Pelabuhan Muara Angke menuju Kepulauan Seribu dan sebaliknya.

Kapal – kapal yang dipersiapkan disiapkan antara lain adalah KM Dewantara, KM Batara, KM Chabing, KM Sangaji, KM Sambir, KM Indra Kemala dan KM Sonar 1-4. “Saat ini semua kapal sedang menjalani pemeriksaan kelaikan. Pemeriksaan dilakukan petugas KSOP Muara Angke,” ujarnya, Selasa (11/4).

Saat ini, lanjut Wahyu, pihaknya masih melayani tiga jalur perairan dengan masing-masing satu kapal yang beroperasi. Tiga jalur yang disiapkan meliputi jalur satu dari Muara Angke menuju Pulau Tidung; jalur dua dari Muara Angke menuju Pulau Untung Jawa-Pulau Pari-Pulau Panggang dan Pulau Pramuka serta jalur tiga dari Muara Angke menuju Pulau Kelapa dan Pulau Sebira.

“Kami menargetkan, saat menjelang Lebaran bisa beroperasi dua kapal di setiap jalur. Namun, tetap melihat situasi lapangan dan kondisi cuaca juga,” jelasnya, seperti yang dikutip dari situs resmi pemerintah kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Pelabuhan Muara Angke, Ahmad Gozali menyampaikan, pihaknya akan menyiapkan posko mudik mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran. Ia memperkirakan lonjakan penumpang terjadi pada H-1 hingga H+5.

Saat ini armada kapal yang ada di Pelabuhan Muara Angke sudah hampir mencukupi dengan jumlah kapal tradisional 21 unit dan kapal Dishub 10 unit. Pembelian tiket kapal dishub dilakukan melalui aplikasi JaketBoat. Sedang untuk kapal tradisional masih bisa melakukan pembelian tiket secara langsung, (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments