Aneka Oleh-oleh Khas Nusantara di Jakarta Fair 2023

Stand Oleh - Oleh Khas Nusantara di Jakarta Fair 2023. (Foto: Media Center JIExpo)

Jakarta Fair Kemayoran selama ini merupakan event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. Event yang pada tahun ini berlangsung selama 33 hari (14 Juni-16 Juli) ini menampilkan beragam pameran multiproduk, tak terkecuali oleh-oleh khas nusantara yang ditampilkan para peserta UMKM.

Pada gelaran Jakarta Fair tahun ini, para peserta UMKM turut serta menampilkan beragam produknya yang turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara global. Di sini, terdapat banyak peserta UMKM yang memamerkan oleh-oleh khas nusantara.

Salah satunya ialah stan Tiara yang terletak di area Hall C. Sang owner, Sri mengatakan, Tiara merupakan salah satu UMKM dari Dinas Jawa Tengah yang rutin mengikuti pameran Jakarta Fair Kemayoran. “Kami rutin ikut Jakarta Fair, sudah 16 tahun. Antusiasme pengunjung sejak awal cukup bagus yah, keliata norang-orangnya sudah ramai yang datang”, kata Sri.

Ia mengungkapkan, terdapat beberapa produk Tiara yang paling dicari oleh para pengunjung. Biasa yang dicari itu tiara snack kerupuk ikan tenggiri, tahu baso, lumpia, dan petis”, ujar Sri.

Dalam satu minggu pertama penyelenggaraan, lanjut Sri, stan miliknya meraup keuntungan Rp250.000 saat weekday dan Rp500.000 saat weekend. Dia pun berharap omset tersebut bisa naik lagi selama gelaran Jakarta Fair berlangsung.

“Saya melihat memang ada bukti nyata pameran ini sangat membantu pelaku UMKM untuk mendongkrak perekonomian, baik Jakarta atau nasional. Targetnya omset semakin bagus, apalagi kondisi sekarang ini baru memulai lagi pasca pandemi”, ucap Sri.

Di tempat lainnya, stan Sinjaya pun turut menampilkan beragam oleh-oleh khas nusantara. Pelaku UMKM binaan PT Jasa Marga itu turut menampilkan produk-produk andalannya di area Open Space dan Hall C.

“Produk yang biasa dicari itu getas, kuku macan, baso goreng (basreng), singkong balado. Semua harga kita satu ukuran Rp35.000, kalau beli 3 Rp100.000”, kata Melissa.

Ia menuturkan, antusiasme warga mengunjungi Jakarta Fair tahun ini sudah cukup bagus. Dia pun berharap omset Sinjaya bisa melesat selama gelaran akbar ini.

“Jakarta Fair itu kan memang event satu tahunan yang memang ditunggu-tunggu banyak orang ya, termasuk kita Sinjaya. Semoga kita bisa nyentuh target lah di tahun ini karena situasi perekonomian juga terlihat mulai membaik”, tuturnya. (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments