Batulak Bala, Tradisi Adat Masyarakat Solok

Prosesi Batulak Bala di kota Solok (foto: solokkota.go.id)

Indonesia yang terdiri dari beraneka suku bangsa sangat kaya akan tradisi budaya. Setiap daerah memiliki tradisi yang khas dan memperkaya khazanah budaya bangsa. Salah satunya adalah tradisi Batulak Bala di kota Solok, Sumatera Barat.

Menurut Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli, prosesi Batulak Bala ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Kota Solok yang bertujuan agar tanaman padi terhindar dari hama tikus serta hama wereng dan menghasilkan padi yang banyak dan berkualitas.Sejak dahulu hungga saat ini, Solok terkenal dengan daerah penghasil Beras.

Batulak Bala adalah ritual adat yang sampai saat ini masih dilestarikan di Kota Solok. Tradisi ini bisasanya dilakukan sebelum masuk musim tanam. Ratusan petani dan masyarakat akan turun ke sawah berdoa dan berzikir bersama sambil mengelilingi area persawahan. Doa tersebut dipanjatkan agar mendapatkan rezeki dan terhindar dari hama penyakit dan wabah,”, jelas H. Rusli yang didampingi oleh Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Bundo Sitta Novembra.

Prosesi Batulak Bala di kota Solok (foto: solokkota.go.id)

Tradisi ini adalah salah satu kearifan lokal masyarakat Kota Solok yang sengaja diangkat pada Event Rang Solok Baralek Gadang yang diselenggarakan beberapa hari lalu . Tradisi yang bertujuan untuk mempertahankan jumlah lahan persawahan yang ada dan memenuhi kebutuhan pokok juga untuk mempertahankan ciri atau sebutan Kota Solok sebagai kota penghasil beras, selaras dengan tema yang diusung pada acara Rang Solok Baralek Gadang tahun ini yang diselenggarakan beberapa hari lalu.

Prosesi Batulak Bala tahun ini diikuti oleh sekitar 400 peserta dari kelompok tani, niniak mamak, bundo kanduang serta siswa sekolah di Kota Solok. Untuk prosesi ini sengaja dilibatkan siswa sekolah dimana salah satu alasannya agar tradisi ini terus terjaga keberlanjutannya dan bisa diimplementasikan juga oleh generasi muda.

Dinas Pariwisata telah menetapkan bahwa prosesi Batulak Bala ini merupakan salah satu tradisi budaya yang harus terus dilestarikan. (solokkota.go.id)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments