Destinasi Ekowisata di Indonesia yang Harus Dikunjungi dan Dilestarikan

sumber: pixabay.com

Jakarta – Ekowisata atau ecotourism adalah wisata berbasis alam yang mengutamakan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tersebut tidak rusak oleh kegiatan wisata dan juga wisatawan. Dalam arti lain, ekowisata bisa berarti wisata yang dilaksanakan di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai objeknya.

Di dalam ekowisata juga menekankan pada konservasi budaya, ekonomi masyarakat lokal, dan pemberdayaan sosial masyarakat. Di Indonesia ternyata memiliki banyak destinasi ekowisata dan sudah ada sejak lama. Di mana saja tempat tersebut? 

Destinasi Ekowisata di Indonesia

 

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki luas total sekitar 173.300 hektare yang terdiri dari wilayah perairan dan daratan. Kawasan Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. 

Sebelumnya, pemerintah memang fokus menjadikan kawasan ini sebagai konservasi untuk komodo saja, namun saat ini lebih dikembangkan sebagai kawasan ekowisata untuk lebih mengenal flora dan fauna lain serta lingkungan masyarakat sekitarnya.

Di ekowisata ini, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas yang seru seperti trekking ke Gunung Ara, snorkeling di Pink Beach, sampai berlayar di pulau-pulau kecil sekitarnya. 

 

sumber: https://travel.tempo.co/read/1623166/6-destinasi-ekowisata-di-indonesia-yang-harus-dikunjungi-dan-dilestarikan

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments