KEMENPAREKRAF DORONG PELAKU EKONOMI KREATIF LEWAT PEMBIAYAAN BERBASIS KEKAYAAN INTELEKTUAL

Menparekraf Sandiaga Uno (ist)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pelaku ekonomi kreatif memaksimalkan skema pembiayaan berbasis Kekayaan Intelektual dalam upaya meningkatkan produk ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan.

Sehingga dapat mendorong terciptanya peluang ekonomi dan juga lapangan kerja bagi masyarakat.Demikian menurut Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataanya di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Sandiaga menjelaskan, dalam dunia usaha seperti UMKM dan industri kreatif, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) memiliki dua peranan penting.Yakni sebagai alat perlindungan dari barang atau jasa yang diproduksi serta sebagai alat untuk optimalisasi bisnis UMKM dan industri kreatif.

“HKI juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan pembiayaan usaha. Sebagai objek jaminan, ini akan memudahkan para UMKM. HKI dapat dijaminkan untuk mendapat pinjaman modal usaha,” katanya.

Pemerintah sebelumnya telah menerbitkan dasar hukum dalam skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual yakni melalui PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.Sebagai upaya mendorong pembiayaan berbasis HKI, Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kemenkumham menggelar “Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Sistem Pencatatan Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual” yang berlangsung di Depok beberapa waktu lalu. (Gus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments