Mak Itam Akan Kembali Beroperasi di Sawahlunto

Lokomotif Mak Itam (foto : klimaks.id)

Lokomotif bermesin uap di Sawahlunto, yang lebih dikenal dengan nama Mak Itam, dipastikan akan beroperasi kembali dalam waktu dekat ini. Hal ini dinyatakan oleh dr. Meivyta Deri Asta, MPH istri Walikota Sawahlunto kepada klimaks.id beberapa hari lalu di kota tersebut.

“Pengoperasian kembali Mak Itam sudah diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada 20 Desember lalu. Saat ini sedang dalam tahap rekonsiliasi untuk biaya operasionalnya. Dalam waktu dekat akan diumumkan jadwalnya”, kata Meivyta.

Ditambahkan olehnya, Mak Itam akan membawa gerbong penumpang wisatawan dengan trayek Sawahlunto ke Muaro Kalaban. Menurutnya, para wisatawan baik domestik mau pun mancanegara yang menantikan beroperasinya kembali lokomotif uap ini.

Mak Itam adalah lokomotif edisi terakhir yang membawa batubara dari Sawahlunto menuju pelabuhan Teluk Bayur di kota Padang. Kota Sawahlunto dibangun sebagai kota tambang pada tahun 1888 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Selain lokomotif Mak Itam, kota Sawahlunto juga kaya dengan obyek sejarah yang berkaitan dengan pertambangan. Seperti Museum gudang ransum, lobang tambang Mbah Suro, stasiun dan museum kereta api Sawahlunto. Selain itu Sawahlunto juga memiliki situs wisata alam yang menarik.

“Para traveller, jangan lupa untuk mengunjungi Sawahlunto”, tandas Meivyta. (dianaS)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments