Menikmati Teh Talua Raja Selir di Kota Sawahlunto

Teh Talua Raja Selir 4 di Sawahlunto (foto : hen)

Teh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas warga masyarakat Minangkabau. Minuman ini boleh dibilang bisa ditemui di setiap sudut wilayah di Sumatera Barat. Mayoritas penikmat Teh Talua adalah kaum pria yang bertujuan untuk mengembalikan stamina.

Saat ini sudah banyak diciptakan masyarakat di sana modifikasi dari Teh Talua, salah satunya adalah Teh Talua di kota Sawahlunto. Di kota tambang ini, ada sebuah cafe yang bernama Istana  Lebah Madu Zam Zam yang menyajikanTeh Talua dengan beberapa jenis.

Klimaks.id beberapa waktu lalu bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta dan istri menyempatkan diri ke Cafe yang terletak di kampung Teleng, sebelah stasiun kereta api Sawahlunto.

Iwan Kurniawan, pemilik cafe ini menjelaskan bahwa pihaknya secara khusus menyediakan makanan dan minuman sehat. Diantaranya tidak memakai gula namun memakai madu. Kebetulan madu yang digunakan merupakan produksi dari peternakan lebah milik Iwan sendiri.

“Untuk minuman, menu unggulan kami adalah Teh Talua Raja yang selain terdiri dari ramu – ramuan juga menggunakan madu. Varian ini memiliki sejumlah kategori yaitu Teh Talua Raja Selir 1, Teh Talua Raja Selir 2, Teh Talua Raja Selir 3 dan Teh Talua Raja Selir 4 yang masing – masing memiliki khasiat kesehatan tersendiri”, jelasnya.

Ditambahkan oleh Iwan, pihaknya juga menyediakan minuman lain yang juga tidak menggunakan gula sebagai pemanis namun menggunakan madu. Diantaranya adalah kopi.Yaitu kopi madu, kopi jahe madu, kopi susu madu serta kopi dengan ramuan khusus dari madu khas Cafe Istana Lebah Madu Zam Zam.

Untuk menu makanannya, Cafe ini menyediakan menu khasnya yaitu Nasi Goreng Istana. Jika nasi goreng selama ini identik dengan minyak, maka Nasi Goreng Istana dibuat tanpa menggunakan minyak. Iwan menjamin rasa nasi gorengnya lebih nikmat dari nasi goreng lainnya yg menggunakan minyak.

Harga

Ditanya tentang harga menu di Cafe ini, Iwan menjamin harganya masih relatif ramah di kantong. Untuk Teh Talua Raja dibaderol Rp 20.000. Teh Talua Raja Selir 1 di harga Rp 30.000, Teh Talua Raja Selir 2 Rp 40.000, Teh Talua Raja Selir 3 Rp 50.000 dan Teh Talua Raja Selir 4 Rp 60.000.

“Harga yang ditetapkan memang disesuaikan dengan bahan baku yang digunakan, karena teh talua di sini memang berbeda dengan teh talua di tempat lain”, tuturnya.

Iwan juga menambahkan hadirnya Cafe Istana Lebah Madu Zam Zam yang buka setiap hari mulai pukul 13.00 hingga 24.00 ini juga memiliki idealisme untuk mengedukasi sekaligus mengkampanyekan madu yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Kehadiran Cafe ini disambut baik oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta. Apalagi Kota Sawahlunto sudah ditetapkan sebagai sentra madu provinsi Sumatera Barat. (hen)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments