Nasi Jambang Mang Dul yang Melegenda di Cirebon

Nasi Jamblang Mang Dul CIrebon (hbl)

Jika melakukan travelling ke Cirebon, salah sau destinasi yang tidak bakal dilewati adalah sajian kuliner nasi jambang. Di kota Udang ini, tidak sulit untuk mencari penjual nasi jamblang. Salah satu yang kerap dikunjungi adalah nasi jamblang Mang Dul yang berada di pusat kota.

Lokasinya yang cukup strategis memang memudahkan para konsumen untuk mendatanginya. Ketika klimaks.id berkunjung ke sana di pagi hari, Nasi jamblang ini sudah ramai dikunjungi oleh mereka yang akan sarapan. Foto Mang Dul, sang pemilik terpampang disana.

Sejumlah menu yang menggugah selera langsung tersaji secara prasmanan di sana. Ada sambal goring khas Cirebon, paru, pepes tahu, sate usus, daging empal, perkedel, tahu sayur., ikan asin dan lain – lain. Di nasi jambalang Mang Dul juga tersedia makanan khas Cirebon lainnya, yaitu empal gentong.

Menurut penjualnya yang bertugas di sana, Mas Kris, nasi jamblang Mang Dul mulai berdiri tahun 1970. Buka jam 5 pagi dan tutup pada jam 12 malam. Puncak keramaian biasanya terjadi pada akhir pekan. Dimana pengunjungnya bukan hanya berasal dari kota Cirebon saja, tetapi juga dari luar kota seperti Jakarta, Bandung bahkan sejumlah kota di Jawa Tengah.

“Yang benar – benar ramai itu pada saat bulan Ramadhan, dimana mereka yang mau berbuka puasa banyak berkunjung ke sini. Baik makan di tempat mau pun untuk dibawa pulang. Pada saat arus mudik, banyak juga mereka yang melakukan perjalanan mampir ke sini. Hal ini berlangsung terus hingga liburan Idul Fitri”, tambahnya.

Kekhasan dari nasi jamblang adalah daun jati yang menjadi alas ketika disajikan. Menurut beberapa sumber, pada awalnya, nasi jamblang adalah menu sarapan bagi mereka yang bekerja di pabrik – pabrik jaman kolonial Belanda di kawasan Plumbon dan Palimanan.

Selain itu, nasi jamblang juga menjadi menu favorit bagi para pekerja pembuatan jalan pos dari Anyer ke Panarukan. Para pekerja tersebut membungkus nasi dan lauknya dengan daun jati, sehingga lebih tahan lama dan bisa bertahan hingga siang hari. (hbl)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments