Pulau Mandeh, Salah Satu Sisi Keindahan Pantai Barat Sumatera

Panorama Pulau Mandeh (foto: iswahyudi)

Sumatera Barat sejak dulu terkenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan. Namun selama ini para wisatawan hanya berkunjung ke daerah Sumatera Barat yang memiliki panorama pegunungan. Seperti Bukittinggi, Batusangkar, Solok dan Payakumbuh. Sebenarnya provinsi ini juga memiliki daerah wisata pantai yang indah di pesisir barat pulau Sumatera.

Panorama pantai dan pulau tersebut ada di , kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Salah satu yang terindah di kawasan ini adalah Pulau Mandeh.  Menurut sebagian orang, panorama di kawasan ini tidak kalah eksotisnya dengan Raja Ampat di Papua.

Jurnalis klimaks.id menempuh jalan darat ke Painan selama dua jam perjalanan berkelok – kelok, sejauh 50 hingga 60 km dari kota Padang, ibukota Sumatera Barat. Perjalanan menuju kawasan wisata ini juga dilayani oleh bus jurusan Padang-Pesisir Selatan atau mobil travel.

Ketika sampai di daerah Carocok, mobil berbelok ke kawasan Carocok Terusan di mana di daerah ini terdapat Tempat Pelelangan ikan (TPI) yang berjarak kurang lebih 2,5 km. Untuk memasuki dermaga di kawasan ini, wisatawan dikenakan tiket masuk 10 ribu rupiah.

Ada sejumlah pilihan bagi mereka yang ingin berkeliling kawasan Mande. Jika jumlah rombongan wisatawan berjumlah 10 orang, maka kita bisa mengambil paket sebesar satu juta rupiah, dimana setiap orang akan mendapat makan siang, snack dan air mineral serta dipandu ke seluruh pulau yang ada di pulau Mande dengan menggunakan perahu motor.

Jika wisatawan yang datang perorangan atau kurang dari 10 orang, bisa ikut berkeliling dengan wisatawan lainnya menggunakan perahu motor dengan hanya membayar 50 ribu rupiah per orang.

Dengan menggunakan perahu motorl tersebut, para wwisatawan kan diajak berkunjung ke sejumlah destinasi diantaranya, Pulau Mande, Pulau Setan, Pulau Cubadak, Pulau Saronjong Gadang, dan Pulau Saronjong Ketek.

Walau pun tidak terlalu ramai seperti pulau lain, di Pulau Setan banyak pedagang makanan dan minuman. Selain itu di pulau terdapat juga banana boat dan donut boat dengan tarif yang terjangkau.

Sementara Pulau Cubadak merupakan tempat ideal buat mereka yang hobi diving dan snorkeling. Yang berbeda dari pulau – pulau lain di mandeh, pulau ini memiliki fasiltas penginapan yang cukup unik. Semua penginapan di pulau ini berbahan kayu dan bambu dengan atap terbuat dari daun pohon palem. (iswahyudi)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments