7.000 Satgas Siap Amankan Peringatan Bulan Bung Karno di GBK

Para satgas yang akan bertugas mengamankan acara peringatan bulan Bung Karno di Stadion GBK, Sabtu (24/6). (foto: PDI Perjuangan)

Sekitar 7.000 pasukan Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sudah berkumpul di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, sejak Rabu lalu. Ribuan pasukan satgas ini siap berkontribusi menyukseskan peringatan Bulan Bung Karno yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (24/6) ini.

“Dari 7.000 itu kita bagi dua. Yang bermain di tengah lapangan itu pasukan intinya, itu kurang lebih 5.000. Sedangkan 2.000 cadangan untuk menjaga keamanan dari luar dan dalam stadion,” ujar Komandan Satgas Nasional Cakra Buana PDI Perjuangan Komarudin Watubun, seperti yang dikutip dari laman resmi PDI Perjuangan.

Lebih lanjut Komarudin menjelaskan, Satgas ini merupakan tulang, otot, dan mata partai dalam membentuk kedisiplinan.

“Satgas Cakra Buana menjadi terdepan untuk menunjukkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang tertib dan disiplin,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menceritakan, saat PDI Perjuangan menang pada Pemilu 1999, saat itu perjuangan hanya dilandaskan semangat juang semata. Saat itu secara gerakan belum ada kedisiplinan yang mendalam.

“Makanya sopir taksi, tukang ojek, penjahit, bisa menjadi bupati, bisa jadi DPR karena kita berjuang, kita menang, semua punya kesempatan,” kenangnya.

Atas kesadaran sejarah itu, lanjut Komarudin, PDI Perjuangan mulai menata organisasi dari waktu ke waktu.

 “Satgas ini sejarahnya seperti TNI. Mulai berproses dari BKR, TKR, baru setelah masuk jadi TNI, baru ditertibkan, dirapikan,” jelasnya.

 Komarudin mengaku sangat terbantu membangun dan mendisiplinkan Satgas karena dibantu oleh sejumlah jenderal (purnawirawan) lapangan. Mereka antara lain Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, Letjen TNI (Purn) Jppye Onesimus Wayangkau, Laksda TNI (Purn) Yuhastihar, Mayjen TNI Mar (Purn) F Saud Tambatua, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, dan Brigjen TNI Mar (Purn) Donar Philip Rompas. (*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments