76 Kepala Keluarga Akan Diberdayakan di Rusun Mulya Jaya

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat peresmian rusun Mulya Jaya (foto: (foto: kemensos)

Sekitar 76 kepala keluarga yang terdiri dari 259 jiwa akan menjadi penghuni rumah susun Mulya Jaya Jakarta. DI tempat yang baru tersebut, mereka akan diberdayakan sesuai kemampuan masing – masing.Peresmian rumah susun ini dilakukan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini beberapa hari lalu.

Para penghuni rusun ini seperti yang dikutip dari laman resmi kementerian sosial, berasal dari kelompk rentan seperti penghuni kolong jembatan/rumah kardus, gelandangan, manusia gerobak, bantaran sungai, pemukiman kumuh, manusia silver, korban KDRT, korban perdagangan orang, dan pengamen.

Para penghuni rusun ini nantinya akan mendapat berbagai pelatihan keterampilan seperti fashion ataupun usaha lainnya. Sehingga mereka dapat menentukan, usaha apa yang cocok untuk dijalankan oleh mereka.

“Jenis keterampilan yang akan diberikan, tergantung keinginan mereka. Kita kan nggak bisa memaksakan mereka sesuai, fashion mereka ada jahit, ada kuliner, ada handicraft, laundry dan lain – lain,“ kata Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Rusun Mulya Jaya menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang ramah anak yang dapat dipergunakan untuk bermain ataupun membaca buku. Diharapkan, akan banyak kegiatan produktif yang dapat dilakukan penghuni selama tinggal di rusun tersebut.

Fasilitas lain yang  ada di rusun ini, antara lain listrik dan air, lahan parkir, Unit Layanan Kesehatan, Pojok Baca Digital, Sentra Kreasi ATENSI, ruang serbaguna, loker, Sistem Keamanan CCTV, Akses Pembuangan Sampah, Jaring Pengaman, Aksesibilitas Disabilitas, Toilet Disabilitas dan Toilet Umum, Apotek Hidup, Ruang Tunggu, dan Jalur Evakuasi. Setiap kamar juga dilengkapi Meja makan, Lemari pakaian, Tempat tidur, Kompor gas dan tabung gas 3 kg, serta Perangkat makan.(*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments