Catat Nih, Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi 5 dan 6 Mei Mendatang

ilustrasi gerhana bulan (foto : Michaela Wenzler/piaxabay)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan akan terjadi gerhana bulan Penumbra yang terjadi pada 5 dan 6 Mei mendatang. Pada tahun ini akan terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan.

Gerhana pertama adalah Gerhana Matahari Hibrid yang terjadi pada 20 April lalu dan dapat diamati di Indonesia. Gerhana kedua adalah Gerhana Bulan Penumbra yang akan terjadi pada 5 dan 6 Mei mendatang juga dapat diamati di Indonesia.

Gerhana ketiga adalah Gerhana Matahari Cincin yanh akan terjadi pada 14 Oktober mendatang, namun sayangnya tidak dapat diamati di Indonesia. Yang terakhir adalah Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi pada 29 Oktober 2023 dan bisa diamati di Indonesia.

Menurut BMKG, gerhana bulan Penumbra nanti akan berdurasi empat jam 21 menit 28 detik. Selain di Indonesia, gerhana Penumbra ini bisa juga diamati  di sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia.

Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian besar Afrika, sebagian kecil Asia, sebagian besar Eropa, dan sebagian Rusia. Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Samudera Pasifik. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di Amerika, sebagian kecil Afrika, sebagian kecil Eropa.

Untuk Indonesia bagian barat, gerhana akan dimulai pada pukul 22 : 12 : 09, puncaknya akan terjadi pada pukul 00 : 22 : 52 dan berakhir pada pukul 02 : 33 : 36 WIB. Untuk Indonesia bagian tengah dimulai 23 : 12 : 09 dan puncaknya  01 : 22 :. 52 serta berakhir 03 : 33 : 36 WITA. Sementara untuk Indonesia bagian timur dimulai pukul 00 : 12 : 09, puncaknya pada 02 : 22 : 52 WIT. Sedang gerhana bulan ini di belahan timur Indonesia akan berakhir pada 04 : 33 : 36 WIT. (*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments