Doa Bersama Rabu Wekasan di Balerante Cirebon

Bupati Cirebon Drs. H Imron, M.Ag memberi sambutan paada acara Doa Bersama Malam Rabu Wekasan yang digelar Majlis Nurul Hidayah di Balerante Cirebon. (foto : hbl)

Sebagian umat Islam Indonesia, khususnya di pulau Jawa dan Madura, setiap Rabu terakhir bulan Safar dalam kalender Hijriah digelar doa yang dinamakan Rabu Wekasan. Majlis Nurul Hidayah yang berlokasi di  Balerante, Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat juga menggelar doa tersebut pada malam Rabu atau Selasa (20/9) malam.

Menurut Khodim Majlis Nurul Hidayah, KH. Kholili Makky Romli kepada klimaks.id, Rabu Wekasan itu bisa diartikan sebagai Rabu terakhir atau Rabu Pamungkas. Ada lagi yang mengartikan kata Wekasan di sini sebagai wekas dalam Bahasa Jawa yang berarti pesan. Maksudnya pesan dari Imam Al Haddad.

Dijelaskan oleh KH. Kholili, di  kota Tarim Hadramaut, ada juga seorang Wali Quttub yang ternama yaitu, Imam Abdullah bin Alawy bin Muhammad Al Haddad . Beliau sangat mengilhami pemikiran umat Islam di sana dan juga pengarang Risalah Mu’awanah dan Ratibul Haddad.

“Imam Abdullah bin Alawy bin Muhammad Al Haddad berpesan kepada puteranya, wahai anakku, yang saya khawatirkan sepeninggal saya, bila datang Rabu terakhir bulan Safar, tidak ada yang berdoa kepada Allah”, katanya.

Rujukan lain mengenai Rabu Wekasan juga berasal dari Habib Salim bin Abdullah Asy-Syatiri dari Hadramaut. Ia menjelaskan tentang Rabu Wekasan. Menurut beliau, Rabu Wekasan itu adalah amalan orang – orang Sholeh.

Habib Salim bin Abdullah Asy-Syatiri dari Hadramaut juga menjelaskan tentang Rabu Wekasan. Menurut beliau, Rabu Wekasan itu adalah amalan orang – orang Sholeh. Begitu juga dalam Kanzun Najjah wa Surrur juga dijelaskan, Imam Abdul Hamid Khoddas menerangkan dengan gamblang tentang Rabu Wekasan.

“Jadi dalam menyikapi Rabu Wekasan ini kita lebih baik tidak mengabaikan dan waspada karena banyak bencana dan penyakit yang turun ketika malam Rabu Wekasan. Dengan cara memanjatkan doa sehingga yang memanjatkan doa dilindungi Allah, begitu pula yang tidak berdoa”,

Ditambah oleh  KH. Kholili, tidak ada kewajiban untuk menjalankan. Yng mau menjalankan silahkan, yang tidak mau, silahkan. Jadi jangan menjadi perdebatan.

Majlis Nurul Hidayah pada Selasa malam menggelar doa Rabu Wekasan di lapangan bola Balerante, Palimanan. Selain doa juga dilakukan pembacaan Rotibul Haddad dan Rotib Al Athos. Dalam acara yang diikuti oleh ribuan umat Islam dari daerah Palimanan dan sekitarnya, hadir pula Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag, Habib Thohir bin Yahya, Syaikh Mohmed Firdaus, Lc dari Singapura, Habib Umar Mubdhor bin Yahya, Habib Muhdhor Al Jufri. (hbl)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments