Halal Bihalal Warga Perbatasan RI – PNG Dengan Anggota TNI

Halal Bihalal personel Satgas Pamtas Yonif 725/Wrg Pos kampung Kombut. (foto : dispenad)

Merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga merupakan hal yang dinanti – nantikan oleh umat muslim. Nanmun bagi anggota TNI yang berjaga di perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini (PNG), merayakan hari raya di tempat tugas yang jauh dari sanak saudara, ternyata memiliki kebahagiaan tersendiri.

Hal ini lah yang dirasakan oleh Satgas Pamtas Yonif 725/Wrg Pos Kombut yang sedang bertugas di perbatasan RI-PNG. Mereka menggelar Halal Bihalal bersama masyarakat setempat di perbatasan.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 725/Woroagi, Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi, S.E. seperti yang dikutip dari Dispenad, kegiatan ini diawali dengan menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1444 H dilanjutkan halal bihalal di Pos Kombut. Acara ini dipimpin langsung Komandan Pos (Danpos0 Kombut,  Letda Inf Joefriadi.

Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi menuturkan, Halal Bihalal adalah kegiatan silaturahmi dan saling bermaafan, saling memaafkan dan silaturrahim merupakan bagian dari tradisi Islam yang tidak terbatas saat Idul fitri. Sedangkan makna dan arti halal bihalal adalah saling maaf memaafkan pada hari lebaran.

“Walapun dilaksanakan hanya secara sederhana, kebahagiaan di Hari Raya Idul Fitri 1441 H merupakan sebagai berkat limpahan Rahmat Allah SWT, ” tambahnya.

Warga Kombut Antusias

Kegiatan halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi serta menjalin kerukunan antar umat beragama di sepanjang perbatasan RI-PNG yang selama ini sudah sangat baik. Masyarakat setempat sangat antusias dalam mengikuti acara hala bihalal yang diadakan di Pos Kombut tidak hanya masyarakat muslim saja, namun masyarakat non muslim juga ikut menyambut dan silaturrahmi ke pos-pos jajaran Satgas Yonif 725/Wrg yang ada di kampung tersebut.

Kepala kampung Kombut Alfons Katem (32) di lokasi mengatakan dirinya bersama warga memberikan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonif 725/Wrg khususnya Pos Kombut atas kegiatan Halal Bihalal tersebut serta mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada anggota Pos Kombut. (*)

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments