Kota Lama Kesawan Medan Bakal “Disulap” Jadi Wisata Heritage

Pengerjaan revitalisasi Kawasan kota lama Kesawan Medan (foto: bumn.go.id)

Kawasan kota lama Kesawan Medan saat ini tengah berdandan untuk menjadi kawasan wisata heritage. Saat ini tengah dilaksanakan pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang ditargetkan akan tuntas pada November 2023 mendatang.

Pengerjaan proyek ini dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) yang memiliki pengalamann dalam mempercantik Kota Lama Semarang yang telah rampung pada 2019 lalu.

Menurut  Corporate Secretary Brantas Abipraya, . Miftakhul Anas,  pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan ini merupakan sebuah upaya kami dalam menyokong terwujudnya Medan wisata heritage. Harapannya nantinya wilayah ini dapat mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru yang mampu menyedot wisatawan domestik dan mancanegara.

“Melalui pembangunan kota lama Kesawan ini Brantas Abipraya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi, berupaya menghidupkan kembali makna legacy dari wilayah tersebut”, tutur Anas seperti yang dikutip dari bumn.go.id.

Pada tahun 2021, BUMN konstruksi ini telah berbagi pengalaman saat mengerjakan Penataan Kota Lama Semarang ke Wali Kota Medan Bobby Nasution. Anas mengatakan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Brantas Abipraya dipercaya untuk dapat sharing knowledge dan berdiskusi bersama membangun kembali keelokan Kawasan Lama Medan dengan bangunan bersejarahnya. 

Serupa dengan Kota Lama Semarang yang telah rampung dipercantik oleh Abipraya sebelumnya, Kota Kesawan ini juga menyimpan banyak peninggalan bersejarah zaman kolonial, keindahan yang ditawarkan adalah pemandangan berlatar gedung-gedung tua warisan kolonial.

Bersama Kementerian PUPR, Brantas Abipraya sedang memperelok kawasan ini dengan merevitalisasi agar menjadi kawasan yang semakin instagramable, atau layak jadi lokasi swafoto dan dipamerkan di media sosial, serta tentunya menarik wisatawan lokal dan mancanegara. 

Di Kesawan ini, Brantas Abipraya melakukan pekerjaan berupa revitalisasi saluran drainase, pekerjaan utilitas, pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang, pekerjaan koridor Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan kawasan Jalan Perniagaan – Jalan Kereta Api, serta pekerjaan kawasan Jalan Masjid – Pasar Hindu.(*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments