Lebih Dari 50 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

Gerbang tol Cikampek (foto : Jasa Marga)

Sekitar 55,8 persen kendaraan pemudik yang menggunakan jalan tol, hingga H+4 atau Kamis (27/4), terpantau belum kembali ke Jabodetabek. Untuk itu mereka dihimbau untuk menghindari puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5).

Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai Kamis, Jumat, serta Sabtu (27 s.d. 29 April) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

“Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20%. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tutur Menhub, seperti yang dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Menhub jyga menjelaskan bahwa pada hari Minggu (30/4) akan ada perayaan Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura. Karena adanya acara tersebut, masyarakat cenderung untuk kembali dari kampung halamannya pada hari Minggu atau Senin.

Sementara itu Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi yang mendampingi Menhub mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. “Walau pun lalu lintas cukup lancar menuju Jakarta, agar jangan terlalu buru-buru dan perhatikan batas kecepatan kendaraan,” tambahnya.

Firman juga menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, dan rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, sesuai situasi dan kondisi lapangan. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol. (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments