Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Kenon Raya Mangrove Gunung Anyar, Surabaya. (Foto : istimewa)

Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Rabu (26/7).

Dalam kesempatan tersebut hadir Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang bersama-sama meninjau Kebun Raya Mangrove.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko serta sejumlah Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), antara lain Rokhmin Dahuri, dan Made Urip.

 

Megawati Soekarnoputri saat meninjau Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya. (Foto : istimewa)

 

Saat meresmikan, Megawati menuturkan Kebun Raya mangrove Surabaya ini merupakan satu dari 45 Kebun Raya di Indonesia. Memiliki 58 spesies mangrove, 17 spesies di antaranya telah teregistrasi secara resmi.

Tambahnya, dulu saat menjadi Wapres Gus Dur, Kebun Raya di Indonesia hanya ada 5. Namun sekarang sudah berkembang jadi 45.  “Ini tidak mudah, karena untuk menjadi Kebun Raya ada standarisasinya,” katanya.

Menurut Megawati, Kebun Raya Mangrove, selain untuk sedikit menyejukkan cuaca Surabaya, juga berguna untuk pencegahan bencana.

“Mangrove itu bisa memecah gelombang, dan menangkal tsunami. Dan karena akarnya kuat, tidak mudah roboh. Jadi yang seperti ini harus kita jaga bersama,” jelasnya. (gus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments