Pasca Gempa Bantul, Pertamina Jamin Pasokan Energi Tetap Aman

Ilustrasi (Foto : Engin_Akyurt/pixabay)

Pasca gempa Bantul 6,4 SR yang terjadi Jumat (30/6) lalu, Pertamina memastikan seluruh infrastruktur energi di wilayah DIY dan Jawa Tengah tetap aman. Pertamina juga menjamin distribusi BBM, Avtur dan LPG berjalan lancar.

Vice President Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa Pertamina langsung bergerak cepat memastikan seluruh unit dan area operasi di wilayah DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk memastikan pasokan energi aman.

Pertamina juga telah melakukan pengecekan sarana dan fasilitas (sarfas) lembaga penyalur di wilayah terdampak gempa seperti Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Solo Raya, Wonogiri, Kebumen dan Cilacap semuanya tetap beroperasi dengan lancar.

Pertamina juga telah memastikan Terminal BBM dan LPG di Rewulu, Maos, Lomanis dan Cilacap semuanya dalam kondisi aman. Begitu juga RU IV Cilacap, dalam keadaan aman dan tetap beroperasi.

“Seluruh sarfas energi di DIY, Jawa Tengah sampai ke Jawa Timur dalam kondisi aman. Stok BBM, LPG dan Avtur juga cukup sehingga masyarakat tidak perlu kuatir,” tutur Fadjar seperti yang dikutip dari laman resmi Pertamina.

Ia juga menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan instansi terkait untuk membantu masyarakat terdampak gempa.

Untuk meringankan beban para korban gempa, Pertamina telah menyalurkan bantuan berupa bahan makanan berupa beras, mie instan, minyak goreng dan sarden. Selain itu, elpiji Bright Gas ukuran 5,5 kg dan 12 kg untuk kebutuhan memasak di lokasi pengungsian. Bantuan lainnya berupa semen dan genteng. Bantuan tersebut disalurkan kepada Posko Pengungsi di Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul. (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments