Pemkot Jakarta Pusat Siaga Menghadapi Musim Penghujan

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukn inspeksi lat-alat berat yang disigakan untuk mengadapi musim penghujan (foto: pusat.jakarta.go.id)

Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah siap siaga menghadapi musim penghujan di bulan – bulan akhir tahun 2022 ini. Demikian yang ditegaskan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma pada acara apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tahun 2022 yang diikuti 560 personel gabungan yang terdiri dari Suku Dinas SDA, Bina Marga, Lingkungan Hidup, Sosial, Pertamanan, Gulkarmat, dan PPSU.

Walikota menuturkan, di wilayah Jakarta Pusat saat ini sedang marak-maraknya pembangunan dan revitalisasi, sehingga dalam menghadapi musim penghujan dilakukan berbagai antisipasi seperti, rekayasa pengelolaan air agar seluruh aliran sungai itu dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan atau sumbatan.

“Selain itu, kami juga melkukan optimalisasi pompa-pompa dan pintu-pintu air serta pemeliharaan saluran air yang rutin dilakukan oleh petugas-petugas di lapangan. Kita yakinkan semua harus berfungsi dengan baik karena titik sentral kita itu justru ada di pompa-pompa air dalam rangka mengatasi permasalahan, ”, kata Dhany seperti yang dikutip dari pusat.jakarta.go.id, Selasa (13/9).

Dhany mengatakan bahwa pihaknya telah siap menghadapi musim penghujan dengan catatan tersendiri dalam menangani masalah genangan yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Jika hujannya normal dan di hulu tidak terlalu besar serta tidak terjadi rob, Pemkot Jakarta Pusat, siap. Namun jika curah hujan lebih dari 120 milimeter per-detik lalu rob naik dan hulu tinggi pasti akan terjadi antrean air untuk masuk ke dalam saluran,

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sendiri menargetkan jika ada genangan atau banjir maksimal 6 jam, itu harus sudah bisa ditangani ketika hujan sudah berhenti, dan aliran sudah bergerak normal.(*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments