Pemudik Dihimbau Balik Sebelum atau Sesudah 24-25 April Ini

Menteri Perhubungan Budi Sumadi Karya saat meninjau arus mudik Lebaran 2023 (foto : Kemenhub)

Para pemudik Idul Fitri tahun ini, dihimbau untuk melakukan perjalanan balik sebelum atau sesudah 24-25 April 2023. Hal ini guna menghindari kemacetan, karena diprediksi, puncak arus balik akan terjadi di dua tanggal tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jawa Tengah beberapa hari lalu.

“Selain sebelum 24-25 April, pemudik sebaiknya juga melakukan perjalanan balik pada 26 sampai 29 April. Karena diprediksi tanggal 30 hingga 1 Mei akan terjadi puncak arus balik kedua”, tutur Menteri Budi Karya, seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian Perhubungan.

Untuk mensosialisasikan himbauan balik mudik ini, pihak Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait.Himbauan untuk mudik lebih awal beberapa waktu lalu dinilai sukses mencegah kepadatan saat arus mudik.

“Di Jawa Tengah, saya telah meminta kepada Pemda dan Ditlantas Polda Jateng untuk mensosialisasikan himbauan ini secara masif dengan menggunakan berbagai kanal media. Saya juga meminta rekan-rekan media mengumumkan ini. Karena berpotensi terjadi kemacetan panjang jika kita tidak informasikan,” paparnya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol dan juga operator transportasi baik di udara maupun kereta api untuk memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu setelah hari puncak.

Menteri Budi Karya  telah menerima kepastian bahwa Jasa Marga akan memberikan diskon tarif tol 20 persen untuk 27-29 April di beberapa ruas tertentu, Pengelola Jalan Tol lainnya juga dikabarkan akan memeberikan diskon juga. (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments