Sekolah Tunas Gading, Bertahan Dengan Konsep Tut Wuri Handayani

Siswa Sekolah Tunas Gading di Lab Komputer (foto: hen)

Sekolah Tunas Gading di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara,  tetap bertahan dengan konsep Tut Wuri Handayani di tengah era globalisasi sertas maraknya persaingan antar sekolah di tanah air. Demikian dikatakan oleh Ketua Yayasan sekolah Tunas Gading, DR. Leoni Agustina, MA kepada klimaks.id beberapa hari lalu.

Dijelaskan oleh Leoni, Tut Wuri Handayani yang digagas oleh tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara ini merupakan konsep yang tepat untuk sistem pendidikan di tanah air. Dimana murid diberikan keleluasaan untuk berkreasi sementara guru membimbing dan mengoreksi jika ada kekeliruan.

“Tut Wuri Handayani terefleksi dalam setiap kegiatan di sekolah Tunas Gading, mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak sekolah”, tuturnya.

Lebih lanjut Leoni menjelaskan bahwa Sekolah Tunas Gading yang berdiri pada tahun 198 8  adalah sekolah nasional, belum pada tingkat nasional plus. Namun demikian masih ada plus nya yaitu adanya mata pelajaran Bahasa Inggris dan terkadang Bahasa Inggris juga menjadi Bahasa pengantar di sekolah ini.

“Pada dasawarsa 90an hingga tahun 2015 silam, Tunas Gading melejit menjadi sekolah favorit di kawasan Jakarta Utara. Animo orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Tunas Gading sangat besar.Kapasitas sekolah juga penuh terisii”, jelasnya.

Awalnya pada tahun 1988, sekolah Tunas Gading adalah TK yang menggunakan bahas pengantar bahas a Inggris. Namun atas permintaan orang tua murid, maka didirikan juga sekolah SD Tunas Gading. Selanjutnya pada tahun ajaran 1991/1992 disusul dengan pendirian sekolah SMP Tunas Gading. Sementara untuk tingkat SMA Tunas Gading dibuka pada awal dasawarsa 2000an.

Ketua Yayasan Sekolah Tunas Gading, DR. Leoni Agustina, MA

 

Tantangan berat dihadapi sekolah Tunas Gading disaat pandemi Covid-19, dimana tidak sedikit murid – murid yang tidak mampu membayar uang sekolah. Bahkan ada yang tidak bisa melanjutkan sekolah sama sekali.(hen)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments