Warga Masyarakat di Glodok Antusias Tonton Gotong Toa Pe Kong

Salah satu acara Gotong Toa Pekong dalam acara Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara Jakarta Cap Go Meh 2023 di kawasan Glodok Pancoran, Minggu (5/2) siang. (foto :hen)

Warga masyarakat menyambut dengan antusias acara Gotong Toa Pe Kong dalam rangka acara Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara Jakarta Cap Go Meh 2023 di kawasan Glodok pada hari Minggu (5/2) siang. Mereka yang berasal dari berbagai penjuru Jakarta, rela berjejal – jejal di sepanjang jalur yang dilalui kirab.

Sejumlah penonton yang diwawancarai oleh klimaks.id menyatakan kegembiraannya dengan digelarnya kembali acara Gotong Toa Pe Kong ini, setelah beberapa kali absen karena pandemic Covid-19.Seorang bapak pengunjung lainnya bercerita bahwa peserta gotong Toa Pe Kong kali ini tidak sebanyak pada tahun – tahun sebelumnya.

“Kalau sebelum pandemi, jumlah jolinya lebih banyak dan rute yang dilalui juga lebih panjang, sehingga lebih meriah dan jumlah penontonnya jauh lebih banyak”, tambahnya.

Sekitar 22 vihara, kelenteng mau pun Cetya yang ada di DKI Jakarta berpartisipasi dalam acara yang dibuka oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris ini. Mereka mengerahkan puluhan joli atau tandu yang berisi patung dewa – dewa yang ada di tempat masing – masing untuk dikirab.

Selain kirab, dalam gelaran Cap Go Meh 2023 ini terdapat juga panggung budaya di halaman Pancoran Chinatown Point yang menampilkan wayang tradisional Tionghoa, yaitu Wayang Potehi.

Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah menjelaskan bahwa pluralitas di kawasan Glodok Tamansari sudah berlangsung sejak lama dan Jakarta Cap Go Meh 2023 ini menunjukkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami juga akan mengusulkan genda tahunan perayaan Cap Go Meh di kawasan ini agar menjadi salah satu destinasi unggulan DKI Jakarta”, tambahnya.(hen)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments