Bawaslu Menyoroti Alat Peraga Kampanye yang Dipasang di Jalanan

Ketua Badan Pengawas Pemilu RI Rahmat Bagja . (Foto : istimewa)

Ketua Badan Pengawas Pemilu RI Rahmat Bagja menyoroti  alat peraga kampanye (APK) partai politik yang banyak dipasang di pinggir jalan selama masa sosialisasi. Meski demikian, Bagja menyebut hal tersebut dibolehkan selama tidak terindikasi adanya ajakan untuk “memilih” atau “mencoblos”.

 “APK kan alat peraga kampanye. Kampanye itu  memiliki unsur mengajak , menawarkan diri ke visi misi program dan juga citra diri,” demikian kata Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Bagja menambahkan, Bawaslu akan menindak tegas parpol peserta Pemilu 2024 jika mengeluarkan kalimat ajakan untuk memilih atau mennyoblos.

 

Sanksi akan diberikan, jika ajakan tersebut dilakukan di luar jadwal masa kampanye yang telah ditetapkan KPU. Bagja menuturkan, agar setiap parpol selama masa sosialisasi Pemilu 2024 hanya diperkenankan melakukannya di internal partai.

“Sosialisasi tersebut tidak diperkenankan dilakukan di jalan-jalan, seperti pada masa kampanye,” katanya.

“Silahkan untuk memperkenalkan diri kan. Sekarang memang suasananya untuk memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri dengan mengajak itu jelas beda. Itu perbedaannya di situ paling penting diketahui,” tandas Bagja. (Gus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments