PDI Perjuangan Konsisten Perjuangkan Kepentingan Buruh

Sekrataris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Buruh merupakan elemen penting dalam membangun perekonomian bangsa, karena itu “PDI Perjuangan sangat mendukung perjuangan buruh mendapatkan hak-haknya, termasuk soal fasilitas kesehatan dan pendidikan yang layak, dan yang tidak kalah penting membangun spirit dan daya juang prestasi.

Demikian yang dikatakan oleh Sekrataris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam keterangannya dalam rangka hari buruh pada Senin (1/5) di Jakarta.

“Dalam dialektika ideologis yang dilakukan oleh Bung Karno bersama para pendiri bangsa lainnya, tekad melawan kapitalisme, kolonialisme, dan imperialisme dijabarkan dalam Pancasila sebagai ideologi keberpihakan terhadap buruh, petani, dan nelayan. Mereka dididik, dibangun kesadarannya, diorganisasi menjadi kekuatan nasionalisme baru, jalan ekonomi kerakyatan yang berdikari dengan topangan penguasaan iptek guna mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur,” jelas Hasto, seperti yang dikutip dari laman resmi PDI Perjuangan.

Ia juga mengatakan PDI Perjuangan meminta semua pihak memiliki kesadaran yang sama agar tidak terjadi penindasan atau bahkan pengabaian hak-hak buruh secara praktik maupun dari sisi kebijakan. Bahkan terhadap calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, melalui visi misi yang akan disusun, di mana aspek ideologis hingga kebijakan pemerintah terhadap buruh menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Hasto juga menegaskan, PDI Perjuangan tidak mempermasalahkan buruh menyampaikan aspirasinya dengan melakukan demonstrasi. Namun, dia berharap demonstrasi dilakukan secara konstruktif dan tidak mengganggu. PDI Perjuangan melalui Fraksi DPR dan DPRD di seluruh daerah mengupayakan dialog dengan berbagai organisasi serikat buruh dalam rangka menyerap aspirasi.

“Di alam demokrasi yang tumbuh dengan baik saat ini di Indonesia, demo bisa menjadi instrumen untuk menyampaikan aspirasi dalam upaya kaum buruh mencapai kesejahteraan. Namun, diharapkan penyaluran aspirasi termasuk dengan demo dilakukan secara konstruktif dan tidak mengganggu,” tandas Hasto. (*)

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments