Pemenang Pilpres 2024 Harus Raih Suara di Lebih 50 Persen Jumlah Propinsi

ilustrasi (mohamed_hassan/pixabay)

Untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, para Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) harus meraih lebih dari 50 persen suara sah. Selain itu pasangan Capres Cawapres juga harus meraih suara lebih dari 50 persen jumlah propinsi yang ada di Indonesia saat ini.

Demikian yang dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari saat menjadi pembicara di acara Halaqah Fiqh Peradaban yang digelar di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an, Kudus, hari Minggu (13/11).

“Namun berbeda dengan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dimana syarat 50 persen perolehan suara tidak berlaku di pemilihan ini. Pasangan alon pemenang cukup meraih suara mnegungguli pasangan calon lainnya”, jelas Hasyim, seperti yang dikutip dari akun twitter KPU.

Pada kesempatan itu Ketua KPU juga menerangkan konteks minoritas dalam Pemilu.Menurutnya yang dimaksud minoritas disini adalah keterwakilan perempuan, penyandang disabilitas atau difabel serta orang yang terganggu jiwanya.

Hadir mendampingi pada acara tersebut, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Henry Wahyono dan Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah. (*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments