Sawahlunto Tetap Kondusif di Tahun Politik Ini

Salah satu sudut kota Sawahlunto (foto : hen)

Jelang pemilihan umum yang akan digelar pada tahun depan, Kota Sawahlunto tetap kondusif dan tidak terpengaruh oleh tensi politik nasional yang agak menghangat belakangan ini. Demikian yang dikatakan oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta kepada klimaks.id beberapa hari lalu di kediaman resminya.

Dituturkan oleh Deri, Sawahlunto adalah kota yang heterogen sehingga warga masyarakatnya sudah terbiasa dengan perbedaan. Berbagai macam suku, ras serta agama budaya berkumpul di kota ini dan perbedaan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

“Kita tidak bisa menampik bahwa semakin dekatnya pesta demokrasi 2024, suhu politik meningkat di seluruh wilayah tanah air, termasuk Sawahlunto.  Namun warga di sini sudah terbiasa dengan perbedaan, termasuk perbedaan pilihan politik”, katanya.

Walikota juga tidak menampik bahwa ada perbedaan pandangan politik akan berpotensi menimbulkan perdebatan, namun menurutnya perdebatan tidak akan menjadikan perpecahan.

Namun demikian, pemerintah kota Sawahlunto tetap mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.  Pihak Kesbang setempat tetap melakukan pantauan stabilitas politik di kota ini. Secara berkala Kesbang juga mengumpulkan tokoh – tokoh agama dan pemuka masyarakat untuk bersama – sama meneguhkan persatuan. (hen)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments