Xanana Gusmao Berikan Selamat Harlah ke-25 PKB

Xanana Gusmao dan K.H. Abdurrahman Wahid (Foto : Istimewa)

Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang puncaknya digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada 23 Juli lalu.

“Merupakan kebahagiaan yang luar biasa dapat mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada peringatan 25 tahunnya dan merayakan kontribusi signifikan yang telah diberikan PKB untuk Indonesia dan rakyatnya,” kata Xanana sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (24/7).

Menurut Xanana, Timor-Leste dan Indonesia terus memperkuat hubungan persahabatan dengan kerja sama di berbagai bidang, baik ekonomi, budaya, hingga politik.

Lebih lanjut Xanana berujar bahwa PKB punya andil besar dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, serta menjaga hubungan harmonis antar bangsa sebagaimana diwariskan oleh sang deklarator, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Hubungan positif antar negara kita sebagian besar disebabkan oleh visi dan kerja keras PKB dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, dan rasa hormat antar bangsa,” ujarnya.

Xanana juga mengakui jika PKB memiliki tempat bersejarah dan penting dalam tatanan masyarakat Indonesia. Pada saat Indonesia terdampak krisis, kata Xanana, PKB memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju demokrasi yang kuat dan berkembang.

Dengan menghormati warisan dan landasan filosofis ini, PKB terus berlanjut sebagai pembela demokrasi dan sebagai penganjur reformasi, perbaikan dan pembangunan bangsa di Indonesia.

“Yang penting, PKB adalah pendukung kuat masyarakat pedesaan, perempuan dan kaum dhuafa serta tetap teguh dalam mempromosikan keberagaman dan toleransi,” tegasnya.

Tak hanya itu, Xanana juga menyebut PKB memainkan peran penting dalam mendorong rekonsiliasi dan kerja sama antara Timor-Leste dan Indonesia.

“Pada tanggal 29 Februari 2000, pendiri PKB, Yang Mulia Abdurrahman Wahid, adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi negara kami setelah pemungutan suara untuk kemerdekaan,” tuturnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada HUT ke-25 dan saya berharap partai merayakan prestasinya dengan baik dan melihat ke depan sebagai pembela demokrasi, kebhinekaan dan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (gus)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments